Wednesday, August 10, 2016

Perkembangan Generasi Komputer sebelum dan sesudah Tahun 1940

Sebelum Tahun 1940

Di era sebelum tahun 1940, penggunaan alat bantu hitung masih sangat sederhana dan manual. Ada 4 generasi perkembangan generasi saat sebelum tahun 1940. Yakni Abacus, Kalkulator Roda Numerik 1, Kalkulator Roda Numerik 2 dan Kalkulator Mekanik.

1. Abacus

Muncul saat sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di berbagai tempat hingga saat ini, Abacus ini dapat dianggap sebagai salah satu awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan operasi perhitungan menggunakan biji-bijian yang dapat digeser, diatur dalam sebuah rak.

Para pedagang pada masa tersebut menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi dalam perdagangan. Seiring dengan mulai munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya.

2.Kalkulator Roda Numerik 1

Setelah hampir 12 abad lamanya, muncullah penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Di tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) yang pada waktu itu masih berumur muda yakni 18 tahun menemukan apa yang dia sebut sebagai kalkulator roda numerik untuk membantu sang ayah melakukan perhitungan pajak.

Kotak persegi kuningan ini dinamakan Pascaline, dengan menggunakan 8 buah roda putar bergerigi untuk menjumlah bilangan hingga 8 digit angka. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan yang memiliki basis 10. Kelemahan alat ini adalah alat yang masih terbatas dalam melakukan operasi penjumlahan.

3.Kalkulator Roda Numerik 2

Di tahun 1694, seorang matematikawan dan Filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang bisa berfungsi untuk mengalikan. Sama dengan pendahulunya, alat mekanik ini bekerja menggunakan roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar yang dibuat oleh Pascal, saat itu Leibniz dapat dengan mudah menyempurnakan alatnya.

4. Kalkulator Mekanik

Charles Xavier Thomas di Colmar menemukan mesin yang mampu untuk melakukan empat fungsi aritmatika dasar. Kalkulator mekanik Colmar, Arithometer, mempresentasikan pendekatan yang menjadi lebih praktis di dalam kalkulasi karena alat tersebut bisa untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Dengan kemampuannya, Arithometer banyak digunakan hingga dalam masa Perang Dunia I. Bersama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.




SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER SETELAH TAHUN 1940
-Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.
mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
• Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
• Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
• Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
• Cepat panas.
• Proses kurang cepat.
• Kapasitas penyimpanan kecil.
• Memerlukan dya listrik yang besar.
• Orientasi pada aplikasi bisnis.


-Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

KOMPUTER DEC PDP-8
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, computer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang
mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Sirkutinya berupa transistor.
Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
Proses operasi sudah cepat.
Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
Berorientasi pada bisnis dan teknik.


Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
• Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
• Peningkatan dari softwarenya.
• Pemrosesan lebh cepat.
• Kapasitas memori lebih besar.
• Penggunaan listrik lebih hemat.
• Bentuk fisik lebih kecil.
• Harga semakin murah.



Komputer Generasi keempat (1970 – 1990)

mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Menggunakan Large Scale Integration (LSI). Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Komputer Generasi kelima (sejak 1990 an)
Dalam siri evolusi komputer mungkin belum terwujud dan ia merupakan komputer impian masa depan. Bentuk komputer generasi kelima adalah lebih kompleks yang nantinya diharapkan mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.

Komputer generasi ini juga mempunyai ingatan yang amat besar supaya membolehkannya menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks. Unit pemprosesan pusat juga mungkin boleh berfungsi kepada paras seperti otak manusia. Komputer impian ini dijangka mempunyai kepandaian tersendiri, mengesan keadaan sekeliling melalui pengelihatan dan bijak mengambil sesuatu keputusan bebas daripada kawalan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.

Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.


Komputer elektronik sudah meningkatkan dengan nilai yang tidak masuk akal. Sekarang ini komputer desktop memiliki kekuatan lebih dari pada komputer generasi pertama yang mengisi setiap ruangan. Biaya perangkat keras komputer terus menurun sebagai terobosan komputer dalam kelanjutan fabrikasi komponen. Pengguna telah kelimpahan komputer yang berbeda-beda untuk dipilih. Sebagi tambahan, terdapat bermacam-macam persediaan tekhnologi untuk input data ke komputer, untuk menyimpan data, dan untuk menampilakan output dari mesin. Seorang menejer harus memahami beberapa dari alternatif ini agar dapat mengevaluasi dan memilih arsitektur IT untuk perusahaannya ketika merancang aplikasi IT yang khusus. 




Cukup Sekian dan terimakasih

0 komentar:

Post a Comment