Sunday, September 4, 2016

Komponen Perangkat Input dan Output pada Komputer


Pengertian Input dan Ouput

Input

Peralatan Input atau peralatan masukan yaitu pealatan yang berfungsi untuk  memasukan data atau program  dan mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk data digital yang akan diproses  oleh komputer.
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

            Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.


1. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang paling umum digunakan pada komputer, dimana dengan menggunakan keyboard kita bisa memasukan huruf, angka, karakter khusus, atau perintah - perintah yang kita inginkan. Bentuk dari keyboard itu sendiri bermacam - macam ada yang QWERTY (seperti gambar di bawah), DVORAK, KLOCKENBERG, dan semacamnya, tapi yang paling umum digunakan itu keyboard QWERTY.


Keyboard - Perangkat Input

2. Mouse
Mouse ini tidak kalah penting dengan keyboard, dengan menggunakan mouse kita dapat memindahkan dan menggunakan kursor sesuai dengan keinginan kita. Mouse ini sudah ada yang menggunakan wireless dan kabel, seiring perkembangan zaman bentuk mouse berbeda - beda sesuai dengan kebutuhan.


3. Touchpad
Touchpad ini fungsinya sama seperti mouse, tetapi touchpad ini biasanya ditemukan pada laptop atau notebook. Untuk menggerakan kursor, kita bisa melakukannya dengan cara menyentuhkan jari kita ke bagian touchpad.

Touchpad - Perangkat Input


4. Microphone dan Headphone
Microphone ini dapat merekam suara atau mengambil suara dan nanti nya akan disimpan di memori komputer, selain itu kita bisa mengobrol dengan orang lain menggunakan microphone ini. Dimana suara kita akan terdengar pada lawan bicara kita.

Microphone dan Headphone - Perangkat Input

5. Webcam
Webcam ini dapat mengabadikan aktifitas yang sedang kita lakukan di depan komputer, biasanya orang menggunakan webcam untuk chatting secara bertatap muka.

Webcam - Perangkat Input

6. Scanner
Scanner merupakan alat yang dapat memindai kertas berupa text atau gambar, hasilnya akan tampil di layar monitor, hasil tersebut bisa kita edit ataupun bisa kita cetak kembali.

Scanner - Perangkat Input

7. Barcode Scanner
Barcode dapat menterjemahkan kode yang berbentuk kotak - kotak atau garis - garis tebal secara vertikal, setelah diterjemahkan hasilnya akan berbentuk angka yang muncul pada layar monitor.

Barcode Scanner - Perangkat Input


8. Kamera Digital
Kamera ini dapat mengabadikan momen sehari - hari, bisa berbentuk foto atau pun video. untuk kualitas fotonya tergantu pixel yang ada pada kamera tersebut, semangkin tinggil pixel yang didapat semakin bagus kualiats foto yang ada. Gambar disimpan memlalui memori kamera, yang nantinya dapat dipindahkan / ditampilkan pada layar monitor.

Kamera Digital - Perangkat Input

9. Light pen
Light pen merupakan pointer elektronik yang dapat bersentuhan secara langsung dengan layar monitor.

Light pen - Perangkat Input


10. Joystick
Joystick digunakan hanya untuk pelengkap saat bermain games, dengan menggunakan ini kita lebih gampang untuk memainkannya.

Joystick - Perangkat Input

Output
     
     Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,  dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.Macam – macam peralatan output, yaitu:

1. Monitor
Monitor dapat menampilkan hasil yang berbentuk teks, gambar dan video atau Monitor dapat menampilkan segala aktifitas yang ada pada komputer.

Monitor - Perangkat Output

2. Printer
Printer merupakan alat yang cetak yang dapat mencetak teks atau gambar yang nantinya hasil dari teks atau gambar tersebut akan berada di kertas. Ukuran kertas pada printer ini terbatas.

Printer - Perangkat Output

3. Proyektor
Proyektor ini fungsinya seperti monitor yaitu untuk menampilkan hasil yang telah diproses. Dengan menampilkan sebuah bayangan dari objek tersebut, infocus ini membutuhkan media lagi (dinding) agar gambar tersebut muncul.

Proyektor - Perangkat Output

4. Speaker
Speaker merupakan alat out yang dapat memberi hasil informasi berupa suara.

Speaker - Perangkat Output

5. Plotter
Plotter ini fungsinya untuk mencetak gambar dalam skala besar, plotter ini sangat cocok untuk mencetak gambar dengan resolusi tinggi dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan.

Plotter -  Perangkat Output

0 komentar:

Post a Comment