Wednesday, September 7, 2016

Konsep Teknologi Aplikasi Web

 Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web

Web Designer



Seorang designer web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah mendesain tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan/layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemograman. Dalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
- HTML, DHTML
- Pengolah gambar
- Animasi, Movie (Film)

Web Programmer

Web Programmer

Web programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis, dimana agar sebuah web tersebut dapat terlihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Progammer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang bekerja diatas situ (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet

Web Administrator

Web Administrator
 Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan sistem operasi server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
- OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan server

Web Master

Web Master

Seorang web master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari desain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggung jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)

Web Developer

Web Developer

Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer. Web Developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan dibuat, membangun sebuah website.

  • SEJARAH WEB

Penemu website adalah Sir Timothy John “ Tim ” Berners - Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempatnya bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN ( tempat dimana Tim bekerja ) menginformasikan bahwa WWWdapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website dapat berisi hyperlink ( pranala ) yang menghubungkan ke website lain, jadi, terkadang perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak terlalu terlihat.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya dapat berupa komputer pribadi , laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, atau yang disebut HTTP Server, dan pengertian ini dapat menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman - halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services ( IIS ).

  • CARA KERJA WEB
Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya. 
Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini
Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering kita lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

Dilihat dari gambar dapat saya jelaskan :
saya adalah seorang USER dan ingin membuka sebuah situs , misalnya smkn6jember.sch.id. Dari sebuah komputer,URL atau REQUEST yang saya ketik melalui aplikasi browser yang kali ini dipakai adalah Mozilla firefox,maka URL/alamat yang saya tadi ingin masukkakn di klik di kolom www (world wide web).
 
Setelah URL atau nama situs itu dimasukkan di mesin pencari(mozilla) maka akan secara otomatis “jika komputer terkoneksi”DATA/URL akan terkirim dan akan memasuki wilayah kerja TCP/IP disini data akan diperiksa sesuai alamat dan permintaannya.Dan server akan mengambil header/judul sebagai patokan pencarian sehingga jelas dan tidak rumit setelah itu body akan di sesuaikan dan server akan memberikan data yang diminta melalui alamat ip asal request tersebut.


ALUR PENGEMBANGAN APLIKASI WEB

 ALUR PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
 Adalah gabungan dari print publishing dan pengembangan perangkat lunak, diantara marketing dan perhitungan dan diantara seni dan teknologi.
Alternatif model dan pengembangan aplikasi web adalah :
1. Formulasi (formulation)
  Berfungsi untuk merumuskan tujuan dan ukuran dari aplikasi berbasis web serta menentukan batasan sistem. Tujuan yang ingin dicapai bisa dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu Tujuan bersifat fungsional dan Tujuan bersifat informatif.

2. Perencanaan (Planning)

  Digunakan untuk menghitung estimasi biaya proyek pembuatan aplikasi berbasis web, estimasi jumlah pengembang, estimasi waktu pengembang, evaluasi resiko pengembangan proyek, dan mendefinisi jadwal pengembangan untuk versi selanjutnya (jika diperlukan)
3. Analisis (Analysis)
  Untuk menentukan persyaratan persyaratan teknik dan mengidentifikasi informasi yang akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web.
Analisis pada rekayasa web dilakukan dari 4 sisi :
-Analisis isi informasi
  Mengidentifikasi isi yang akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web ini. Isi informasi dapat berupa teks, grafik, audio, maupun video.
-Analisis fungsional
  Tentang proses bagaimana aplikasi berbasis web ini akan menampilkan informasi kepada pengguna.
-Analisis interaksi
  Analisis yang menunjukan hubungan antara web dengan pengguna.
-Analisis konfigurasi
  Konfigurasi yang digunakan pada aplikasi berbasis web Internet, extranet, intranet. Selain itu, analisis ini juga meliputi database dengan web.
4. Rekayasa (Engineering)
  Dua pekerjaan yang dilakukan secara paralel, yaitu desain informasi dan desain arsitektur web. Saat tahap desain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
  Pembuatan Diagram Wireframe (gambar rangka), tujuan diagram gambar rangka adalah untuk menunjukan bagaimana layout halaman web dan menunjukan dimana fungsi dan konten seperti navigasi, kotak pencarian, elemen bentuk dan sebagainya tanpa desain grafis.

Perangkat Pengembangan Aplikasi Web

 Untuk perangkat pengembang aplikasi web dapat dikelompokan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak:
  1. Perangkat keras
  2. Perangkat lunak
    • Web Page Authoring
    • HTML Editor
    • Aplikasi Editing Gambar dan Menggambar
    • Aplikasi internet
    • Aplikasi transfer file atau FTP (File Tranfer Protokol)

Perangkat Keras

Untuk lingkungan pengembangan web yang nyaman,berikut ini perangkat keras yang sebaiknya disediakan:
Komputer utama,dengan operating system Macintosh,Windows, ataupun Linux. Perusahaan pengembang web profesional cenderung berbasis Macintosh.
  • Memori tambahan. Sebaiknya computer memiliki memori yang besar, karena dalam pengembangan web cenderung kita akan membuka beberapa aplikasi sekaligus.
  • Sebuah monitor besar. Meskipun bukan keharusan, monitor besar memudahkan untuk desainer visual. Semakin besar monitor , semakin banyak jendela dan panel kontrol dapat terbuka pada waktu yang sama.
  • Sebuah scanner dan/atau kamera digital.Jika mengantisipasi membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk membuat gambar.
  • Sebuah komputer kedua.Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang menjalankan platfrom yang berbeda dari komputer utama yang mereka gunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berbeda pada mac dan pada mesin windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin system operasi berbeda.
  • Perangkat mobile/smartphone. Saat ini banyak orang mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kita perlu menguji penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang dapat digunakan sebagai penguji web kita
  • Sebuah Scanner dan/atau kamera digital. Jika mengantipasi membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk membuat gambar.
  • Sebuah komputer kedua. Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang menjalankan platform yang berada dari komputer utama yang mereka gunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berada pada Mac dan pada mesin Windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin system operasi berbeda.
  • Perangkat mobile/smartphone. Saat ini banyak orang mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kira perlu menguji penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang dapat digunakan sebagai penguji web kita
Untuk perangkat lunak pengembang web dapat Web page authoring
Ini adalah kelompok perangkat lunak seperti desktop publishing tetapi format yang dihasilkan adalah halaman web. Aplikasi ini biasanya bersifat "WYSIWYG" (What You See Is Wahat You Get, dibaca "whizzy-wig") yaitu apa yang kamu lihat , itulah yang kamu dapat. Jadi aplikasi inibiasanya ketika membuat tampilannya seperti yang akan dihasilkan. Contohnya : Adobe Dreamweaver, Microsoft Expression web, Nvu.
HTML Editor
Ini adalah kelompok perangkat lunak yang kebalikan dari Adobe Dreamweaver dan Micrsoft Expression web. Aplikasi ini tidak lagi "WYSIWYG" ("What You See Is Wahat You Get") tetapi lebih ke kode HTML. Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini : Notepad (Windows), text sublime (Windows dan Linux), Coda (Machintosh), BBEdit, all.
Aplikasi editing gambar dan menggambar
Untuk menambahkan gambar ke galaman web, akan perlu program editing gambar. Berikut ini beberapa aplikasi yang cukup populer :
  • adobe Photoshop. Photoshop dapat dikatakan sebagai standar industri untuk penciptaan gambar baik dalam cetak maupun dunia web.
  • Adobe Photoshop Elements. Versi ini lebih ringan dari Photoshop dirancang untuk mengedit foto dan manajemen, tetapi beberapa penggemar menemukan bahwa ia memiliki semua alat yang diperlukan untuk menempatkan gambar pada halaman web.
  • Adobe Illustrator. karena desainer perlu membuat logo, ikon, dan ilustrasi di berbagai ukuran dan resolusi, untuk itu semua aplikasi ini sangat membantu. Aplikasi ini juga dapat dipadukan dengan Photoshop
  • Adobe Fireworks. Program grafis web ini menggabungkan editor foto dengan alat untuk membuat illustrasi berbasis vektor. Ia juga memiliki alat-alat canggih untuk grafis web.
  • Corel Paint Shop Photo Pro (Windows saja). Editor gambar yang penuh fitur ini populer dipengguna Windows, terutama karena harga yang rendah.
Aplikasi Internet
Karena hasil akhir dari pengembangan halaman web digunakan di Internet, maka diperlukan beberapa aplikasi untuk membuka halaman web , biasa disebut "browser". Berikut ini beberapa aplikasi browser yang cukup populer :
  1. Windows
    • Internet Explorer
    • Google Crome
    • Mozila Firefox
    • Safari
    • Opera
  2. Macinthosh OS X :
    • Google Crome
    • Mozila Firefox
    • Safari
    • Opera
  3. Browser perangkat bergerak (mobile)
    • Mobile Safari (iOS)
    • Adroid Browser (Android)
    • BlackBerry Browser (RIM)
    • Nokia Series 40 and Nokia Browser for Symbian
    • Opera Mobile and Mini (installed on any device)
    • Internet Explorer Mobile (Windows Phone)
    • Silk (kindle Fire)
Aplikasi transfer file (FTP/File Tranfer Protokol)
Sebuah aplikasi FTP memungkinkan untuk mengunggah dan mengunduh file antara komputer kita dan komputer yang akan menjadi tempat halaman web/web server.


0 komentar:

Post a Comment