Wednesday, December 14, 2016

10 Tempat Wisata Nuansa Alam di Karanganyar

         Karanganyar merupakan suatu kota yang terletak di Indonesia yang memiliki banyak eksotis keindahan yang tersembunyi yang harus kita Ekspor/Share kepada kalian semua guys. Berikut ini akan saya paparkan hanya sebagian kecil tempat-tempat wisata Nuansa Alam di Karanganyar yang wajib kalian kunjungi guys.

10. Grojogan Sewu

  Grojogan Sewu terdapat di lereng Gunung Lawu atau tepatnya beralamat di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.
Mungkin kalian semua sudah tidak asing dengan tempat wisata yang popular ini. Bagaimana tidak ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi Turis  maupun warga local Karena keindahan dan Nuansa Alamnya yang masih murni.
Lokasi kawasan wisata ini sangat sejuk karena terletak di lereng gunung yang disekitarnya masih ditumbuhi hutan yang lebat. Di hutan sekitar Grojogan Sewu ini banyak terdapat kera yang hidup secara liar. Kera-kera ini seperti kera-kera lainnya, sering merebut tas bawaan para wisatawan. Oleh karena itu anda harus berhati-hati apabila berkunjung ke tempat wisata Grojogan Sewu ini.


Untuk sampai ke air terjun pengunjung harus menempuh perjalanan dengan menuruni anak tangga sebanyak 1.250 buah. Cukup melelahkan bagi anda yang tidak terbiasa, namun rasa lelah itu seakan hilang setelah melihat pemandangan Grojogan Sewu yang sangat memukau.





9. TAMAN RIA BALEKAMBANG       

Masih di daerah Tawangmangu kita beralih ke objek wisata yang satu ini.Tak jauh dari lokasi parkiran wisata Grojogan Sewu terdapat sebuah taman yang sangat bagus untuk wisata bersama keluarga. Taman ini bernama Taman Ria Balekambang. Tempat Wisata di Kawasan Tawangmangu ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan. Disini anda dapat menikmati sejuknya udara khas pegunungan serta menikmati berbagai macam fasilitas, seperti Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis dan lain-lain.

Kelebihan utama dari Taman Ria Balekambang ini adalah salah satunya objek spot foto yang serasa kita foto di berbagai belahan dunia. Maksudnya seperti ini. heheee






8. TELAGA SARANGAN

Sekarang beralih ke objek wisata eksotis yang satu ini yaitu namanya Telaga Sarangan. Telaga Sarangan terletak di kaki Gunung Lawu, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan merupakan tempat wisata kesukaan saya Why not?

Tiket masuk Kawasan Wisata Sarangan :

Dewasa : Rp. 7500,-
Anak-anak : Rp. 5000,-
Kendaraan roda 4 : Rp. 5000,-

Karena murahnya + banyaknya wahana-wahana yang bisa kunjungi di Telaga Sarangan ini salah satu contohnya :




7. Perkebunan Teh Kemuning

Bagi anda yang berada di kawasan kota Solo dan Karanganyar pastinya tak asing lagi dengan lokasi wisata yang satu ini bukan? (pastinya cuy) Tapi beda lagi dengan para pendatang. Lokasi Kebun Teh Kemuning berada di kaki gunung Lawu tepatnya di  Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jujur Kebun Teh Kemuning merupakan kawasan tempat kesukaan elo-elo semua kan. Hehee.. Bagaimana tidak, suasananya yang nyaman dan udara yang sejuk sudah bisa membuat para penikmatnya betah untuk berlama-lama menyaksikan lukisan alam berupa hamparan pohon-pohon teh yang tumbuh dengan subur di bawah lereng gunung Lawu.  Hijau, Sejuk ,indah dan tentunya bisa menenangkan hati saat kita galau. Betulkah..

Apalagi tak ada tarif masuk ke kawasan kebun teh ini alias Gratis jadi semakin membuat para pengunjung tertarik untuk berdatangan. Akses jalan menuju kebun teh ini pun sudah mulus , hanya saja jalannya naik turun sehingga benar-benar menantang adrenalin kita guys.

6. Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso 

Kalau biasanya orang mengenal rafting, di Karanganyar anda dapat melakukan tubing. River Tubing atau biasa disingkat dengan tubing merupakan kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Peralatan yang digunakan masih sama yaitu dengan menggunakan helm dan pelampung.

Bagi para kalian pecinta Andrenalin, ini merupakan tempat cocok untuk kalian semua menguji andrenalin. Bagaimana tidak, Tubing/River hanya orang tertentu sajalah yang berani melakukan ini. (termasuk saya..) Pemandangan di sekitar sungai juga sangat mengagumkan. Sehingga membuat rafting kita jadi Sempurna.

5. Bumi Perkemahan Sekipan

Masih di Kawasan Wisata Tawangmangu, tak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah seru, yaitu berupa Bumi Perkemahan atau Buper. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort  terletak di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Tempat ini biasa buat tempat tujuan anak-anak Pecinta Alam untuk melatih fisik mereka maupun kepekaannya terhadap Alam.

Lokasinya yang sangat sejuk menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Tak hanya untuk tujuan camping, pada saat liburan tiba banyak juga yang sekedar datang untuk menikmati pemandangan berupa jajaran pohon pinus yang sangat indah.

4. waduk lalung

Dari Tawangmangu kita beralih ke tempat wisata yang deket-deket aja yaitu Waduk Lalung. Waduk lalung di Lalung KarangAnyar Solo Jawa Tengah terletak di Jalan Lalung-Bekonang, Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. ( hehee..Lengkap banget ya..)

Destinasi Wisata Waduk lalung di Lalung KarangAnyar Solo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah lalung

juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
Kelebihan utama dari tempat ini adalah Dekatnya lokasi dengan Kota Karangnyar kita ini serta indahnya pemandangannya apalagi pada saat Sunset. Sehingga itulah yang menyebabkan saya menempatkan Destinasi wisata ini pada peringkat ke-4.

3. Air terjun jumog

Selain Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar juga terdapat tempat wisata Nuansa Alam yaitu Air Terjun Jumog. Tempat wisata di Karanganyar ini bisa dibilang masih baru dan belum sebanyak dikunjungi oleh para wisatawan dan itulah yang membuat tempat ini masih bersih jernih Karena belum terkena tangan-tangan perusak bumi kita ini.
Kelebihan dari tempat wisata ini adalah akses untuk menuju ke sini tidaklah begitu sulit. hanya menuruni sedikit tangga dan anda akan sampai di Lokasi wisata. Dan juga jernihnya Air terjun yang membuat mata kita dimanjakan terhadap keeksotian Air terjun Jumog ini.

1. Gunung  LAWU





















 
Dan inilah puncak dari Destinasi wisata di Karanganyar yakni Gunung Lawu. Why not? Karena hanya memang tempat inilah yang memiliki keindahan, nuansa alam yang masih murni serta membangkitkan andrenalin kita semua guys. Lokasi jalur pendakian ini terletak di perbatasan antara Kabupaten karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan jawa Timur.
Untuk mendaki Gunung Lawu ini saya sarankan kalo bisa didampingi pendaki berpengalaman dan juga membawa persiapan yang sangat matang. (Jangan kayak saya yang hanya bawa tubuh sama minum doank. Hehee) Bagaimana tidak, Karena pada saat kesini kita harus berhadapan dengan Alam yang masih memiliki banyak misteri-misteri. Pada Gunung Lawu ini ada dua jalur pendakian yakni Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Kalian bisa memilih jalur pendakian manapun tapi terkadang sekarang para pendaki lebih  memilih jalur pendakian Cemoro Sewu yang keuntungannya jalurnya yang cepat sampai puncak. Beda dengan Cemoro Kandang yang jalur pendakiannya jauh serta landai.

Saya sarankan apabila memulai muncak pada saat malam hari saja agar harapan nantinya di pagi hari kita sudah sampek puncak dan bisa lihat moment yang langka yaitu Sunrise.
Ada keunikan tersendiri dari Puncak Lawu ini, yaitu di atas Gunung Lawu sebelum sampai puncak ada sebuah warung yang menjajakan makanan untuk para pendaki. Warung ini namanya Warung Mbok Yem (Warung kesukaan saya) yang Lokasinya masih di jalur pendakian ini. Hal ini tentunya sangat membantu para pendaki, karena dapat beristirahat menggelar tenda sambil menikmati berbagai makanan yang dijajakan serta minum berbagai minuman hangat yang juga disediakan. Namun kekurangannya harga jajanannya yang mahal yang membuat kita berpikir dua kali apabila ingin membeli disana.

Jadi kangen muncak lagi nih.. Salam saya Backpacker Palur + IMAPA (Ikatan Remaja Pecinta Alam) SKANDAKRA.

Untuk para pendaki selain jagalah Alam kita ini dari tangan-tangan kotor para perusak alam ini. ~Anonim~


         Nah sepertinya sekian dari saya moga informasi-informasi diatas sekalian bermanfaat buat para viewers sekalian. Like and Comment Karena kritikan anda-anda sekalian membuat saya tau apa yang kurang dari artikel saya ini. Oke Terima Kasih Gawe kon kabeh rek Ngentenn Poll


0 komentar:

Post a Comment