Friday, November 25, 2016

Cara Melanjutkan/Resume Download File Karena Server Error Pada Internet Download Manager

Assalamu’alaikum…
            Pernahkah sobat download file yang beratus-ratus MB atau berpuluh-puluh MB tapi tiba tiba terputus koneksinya dan tidak bisa lagi ketika di resume ? entah karna server error atau apalah, pastinya kesel banget tuh… saya juga pernah ngerasain hal seperti itu, apalagi udah 80% hampir selesai download-nya, rasanya tuh sesuatu banget, hihihi.. :D
            Nah dalam pembahasan kali ini, saya ingin sharing ilmu saja nih pada sobat semua agar tidak terjadi kekesalan saat download-an kita terputus, server error  dan tidak bisa di resume lagi. Oke langsung saja ya disimak.. :
1.         Pastinya sobat buka dulu Kotak dialog Internet Download Manager-nya (IDM). Biasanya gambar IDM terletak di bawah pojok layar. Atau di Desktop . Gambarnya seperti :

2.         Setelah Tampilan IDM terbuka, cari file yang sobat ingin Resume Download-nya, caranya klik kanan pada file tersebut – lalu akan muncul tampilan “File Properties”. Lihat pada file propertiesAddressblok semua URL-nya dan Copy (ctrl+c) – klik saja OK pada “file Properties”. dan Pastekan pada kotak URL browser sobat.
            Maka akan tertuju pada Link asli download yang waktu itu sobat pernah download. Lihat gambar dibawah untuk langkah jelasnya :

3.         Coba sobat download lagi file nya pada website yang bersangkutan, tapi INGAT jangan di klik “Start Download” terlebih dahulu. Copy semua URL yang ada pada tampilan “Download File Info” dan buka lagi “File Properties” pada langkah ke-2.
            Pastekan di “Address” pada file properties download-an sobat yang tadi tidak bisa. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya .

NB : sebelum di pastekan di “Address” hapus terlebuh dahulu link yang ada, baru Paste Link Barunya.
4.         setelah itu sobat klik OK pada tampilan “File Properties”. Dan pada tampilan IDM-nya, klik Resume . seperti gambar dibawah :

5.         selamat File sobat sekarang telah berhasil melanjutkan download-nya. Tak perlu download dari awal lagi.. :D
            Mungkin itu saja berbagi pengetahuan mengenai Cara Melanjutkan/Resume Download File Karena Server Error Pada Internet Download Manager. Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan. Semoga bermanfaat.. terima kasih… ^^

0 komentar:

Post a Comment