Struktur Penyimpanan

Di dalam sebuah database yang disediakan oleh Oracle terdapat dua(2) jenis struktur, yaitu logical structure dan physical structure. Karena kedua struktur ini terpisah, tempat penyimpanan data physical dapat dikelola tanpa mempengaruhi akses terhadap tempat penyimpanan data logical.
STRUKTUR LOGIK & FISIK DATABASE
Database Logical Physical Tablespace Data file Segment Extent Oracle data block Storage System • SAN • NAS • Exadata • File System • NFS • ASM • RAW
STRUKTUR LOGIK SEGMENTS, EXTENTS, & DATA BLOCKS Segments ada di dalam sebuah tablespace. Segments adalah kumpulan dari extents. Extents adalah kumpulan dari data blocks. Data blocks adalah pemetaan untuk disk blocks. Segment Extents Data blocks Disk blocks (File System Storage)
JENIS-JENIS SEGMEN
Data segment. Index segment. Rollback segment. Temporary segment. Bootstrap segment.
DATA SEGMENT Data segment adalah bagian dari segment yang mengandung baris dari satu tabel atau dari satu set tabel (terdiri dari banyak tabel).
INDEKS SEGMENT Segmen indeks berisi entri indeks. Bila ada ribuan catatan dalam sebuah tabel, mengambil informasi akan memakan waktu yang lama. Oleh karena itu indeks dibuat pada kolom yang sering diakses, sehingga informasi dapat diambil dengan cepat. Indeks dapat dibuat pada satu kolom atau sekelompok kolom. 
ROLLBACK SEGMENT Rollback segment menyimpan gambaran sebelum terjadinya perubahan data dan blok index. Rollback segment ini dibuat secara manual oleh DBA. DBA harus memperhatikan berapa ukuran rollback segment yang harus dibuat serta extent yang harus dibuat di tiap-tiap segment Hal ini menyulitkan DBA dalam menyediakan space untuk rollback. Oleh karena itu, sejak versi Oracle, yaitu Oracle 9i, space management untuk rollback telah disederhanakan menjadi Automatic Undo Management (AUM).
TEMPORARY SEGMENT Temporary segment bertugas untuk memegang hasil sementara dari sorting ataupun proses sejenis yang terlalu besar untuk diselesaikan di memori yang tersedia
BOOTSRAP SEGMENT Disebut juga dengan Cache segment Bootstrap segment berfungsi untuk memegang informasi yang digunakan saat melakukan startup database.
PARAMETER SEGMENT Initial extent ukuran (dalam bytes) dari extent pertama milik segment, atau disebut juga ukutan awal dari segment.Next extent ukuran (dalam bytes) dari extent selanjutnya. Max extent maksimum jumlah extent dari suatu segment. Min extent jumlah extent pertama yang akan dialokasikan. Pctincrease berapa besar ukuran next extent dibandingkan dengan extent terakhir.
BLOK BASIS DATA
Pada tingkat terbaik dari granularity, data dari Oracle Database disimpan dalam data blocks. Satu data blocks berukuran sesuai dengan database fisik yang terdapat pada harddisk. Standar ukuran data block ditentukan oleh parameter inisialisasi DB_BLOCK_SIZE. Selain itu Anda dapat menentukan hingga empat ukuran block lainnya. Database menggunakan dan mengalokasikan ruang bebas database di data blocks milik Oracle Database.
TABLESPACE
8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb 8Kb Tablespace 1 Datafile 1 Datafile 2 Extent 64KB Extent 96KB Segment 160KB Tablespace 2 (Bigfile) Datafile 3 Only 1 datafile allowed <= 128 TB
Sebuah database dibagi menjadi unit penyimpanan logis yang disebut tablespace, merupakan gabungan dari data block, extent, dan segment yang berhubungan. Misalnya, tablespace umumnya dikelompokkan bersama semua objek aplikasi untuk menyederhanakn beberapa operasi administrasi.
 Setiap database secara logis dibagi menjadi dua(2) atau lebih tablespace. Satu atau banyak datafile secara eksplisit dibuat untuk setiap tablespace untuk menyimpan data dari semua logical structure dalam tablespace secara fisik. Gabungan ukuran dari datafile di tablespace adalah kapasitas penyimpanan total dari tablespace tersebut.
 Setiap database Oracle berisi tablespace SYSTEM dan tablespace SYSAUX. Oracle Database membuat dua(2) tablespace tersebut secara otomatis ketika database dibuat. Standar sistem di Oracle adalah untuk menciptakan sebuah tablespace yang bersifat smallfile, yang merupakan tipe tradisional dari Oracle tablespace. Tablespace SYSTEM dan SYSAUX dibuat sebagai tablespace yang bersifat smallfile.
SYSTEM DAN SYSAUX TABLESPACE SYSTEM dan SYSAUXTablespace adalah table dalam tablespace yang wajib yang dibuat pada saat pembuatan database. Keduanya harus dibuat secara online. SYSTEM Tablespace digunakan untuk fungsionalitas inti (misalnya, tabel kamus data). SYSAUXTablespace digunakan untuk komponen database tambahan atau bantuan (seperti Enterprise Manager Repository). SYSTEM dan SYSAUX Tablespace tidak disarankan untuk digunakan untuk menyimpan data aplikasi.
TIPE TABLESPACE NAMA TABLESPACE Jenis SIFAT DAN KETERANGAN Tables Table User’s table / data Indexes Index User’s indexes Clusters Cluster User’s clusters Undos Undo System’s undos Sorts Sort System’s sorts System Table and Index System’s repository, User’s library Tool Table and Index User’s metadata
DATA DICTIONARY VIEWS TENTANG STRUKTUR PENYIMPANAN
Tables Indexes Views Users Schemas Procedures …and so on System Tablespace Metadata SELECT * FROM dictionary;
TAMPILAN DATA DICTIONARY
Pengguna Isi Subset of Catatan DBA_ DBA Everything N/A Ada kolom tertentu yang hanya digunakan oleh DBA ALL_ Everyone Setiap data yang diizinkan untuk pengguna/users bisa dilihat DBA_ views termasuk objek-objek yang dimiliki user dan user lainnya diizinkan untuk dilihat USER_ Everyone Setiap data yang dimiliki oleh users ALL_ views sama seperti ALL_ terkecuali untuk OWNER kolom terentu (beberapa tampilan memiliki singkatan nama seperti PUBLIC synonyms.)
Sekian yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

0 Response to "Struktur Penyimpanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel