Pengenalan Komputer Grafik


Pengenalan Komputer Grafik
Computer graphics berhubungan dengan semua aspek dari pembuatan gambar menggunakan computer, aspek tersebut antara lain :
• Hardware : PC dengan graphics card untuk modeling dan rendering.
o Software : Maya digunakan untuk modeling dan rendering, tapi Maya dibangun dari OpenGL
• Aplikasi
Area aplikasi computer Grafik:
1. Penampilan Informasi
2. Desain
3. Simulasi & Animasi
4. User Interface
5. Mechanical CAD (Computer Aided Design)
6. Architectural Visualization
7. Advertising.
Dalam computer grafik, yang dikenali oleh computer hanya terdapat 2 mode, yaitu
1) Mode Grafik
2) Mode Teks
Dalam hal ini yang paling banyak di bahas adalah mode grafik, mode grafik di bagi lagi menjadi 2 mode :
a) Mode vector : berisi formula matematis,
b) Mode Raster (Bitmap) : yang dibentuk oleh pixels.

Bidang-bidang yang memanfaatkan Komputer Grafik :
1. Movie Industry
2. Medical.
3. Game Dev.
4. Science
5. Enginering Dev.
System Grafis :
Jenis Gambar
1) Raster
Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau medium lain
2) . Vektor
penggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.
Contoh Vektor :
Inilah sebuah kelebihan dari jenis vector, karena meskipun resolinya di ubah- ubah,maka tidak akan terjadi distorsi, karena jika kita mencoba meperbesar resolusinya, maka jumlah titiknya akan semakin banyak.
SEJARAH KOMPUTER GRAFIK SEJAK ADANYA KOMPUTER:
1. Computer Grafis 1950-1960
• Penggunaan Computer graphics pada awal kemunculan komputer
  •   Strip charts
  •  Pen plotters
  •  Tampilan sederhana menggunakan konverter A/D pada calligraphic CRT
• Kesulitan pada proses refresh CRT
  •   Komputer lambat, mahal, tidak dapat diandalkan
2. Computer Grafis 1960-1970
• Wireframe graphics
  •   Hanya menggambar garis
• Sketchpad : Thesis Ivan Sutherland’s PhD di MIT
  • Melihat potensi dari interaksi manusia – mesin
  • Loop :Tampilkan sesuatu, User menggerakkan light pen, Komputer membuat display/tampilan baru
  • Sutherland juga membuat banyak algoritma komgraf yang umum digunakan sekarang
• Display Processors
  • Menggunakan display processor (DPU) untuk me-refresh tampilan daripada menggunakan host computer
  •  Graphics disimpan di display list (display file) pada display processor
  • Host compiles display list dan mengirim ke DPU
• Storage tube
• Tabung penyimpanan Direct View
  • Dibuat oleh Tektronix
o Tidak memerlukan constant refresh
o Standard interface pada computers
 Dapat digunakan oleh standard software
 Plot3D pada Fortran
o Relatif murah
 Membuka peluang penggunaan computer graphics untuk komunitas CAD
3. Computer Grafis 1970-1980
• Raster Graphics :
  • Image direpresentasikan dalam bentuk array (the raster) dari picture elements (pixels) pada frame buffer.
  • Memungkinkan perpindahan dari gambar garis dan wireframe ke polygon terisi
• Awal standar graphics
  • IFIPS
a. GKS: dari Eropa Menjadi standar ISO 2D
b. Core: dari Amerika Utara 3D, tapi gagal menjadi ISO standard
• Workstation dan PC
4. Computer Grafis 1980-1990
• Realisme muncul pada computer graphics
• Special purpose hardware
  •  Mesin geometri Silicon Graphics
a. Implementasi VLSI dari graphics pipeline
• Standar Industry
  •  PHIGS
  •  RenderMan
• Networked graphics: X Window System
• Human-Computer Interface (HCI)
5. Computer Grafis 1990-2000
• OpenGL API
• Suksesnya movie yang dibuat seluruhnya oleh komputer (Toy Story)
• Kemampuan hardware baru
a. Texture mapping
b. Blending
c. Accumulation, stencil buffers
6. Computer Grafis 2000 – sekarang
• Photorealism
• Graphics cards untuk PC mendominasi pasar
a. Nvidia, ATI, 3DLabs
• Game box dan game player menentukan arah pasar
• Movie Computer graphics menjadi rutin: Maya, Lightwave
• Programmable pipelines
• Application Programming Interface (API)

0 Response to "Pengenalan Komputer Grafik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel