Pengenalan Komputer Grafik
Pengenalan Komputer Grafik
Computer graphics berhubungan dengan semua aspek dari pembuatan gambar menggunakan computer, aspek tersebut antara lain :
• Hardware : PC dengan graphics card untuk modeling dan rendering.
o Software : Maya digunakan untuk modeling dan rendering, tapi Maya dibangun dari OpenGL
• Aplikasi
• Hardware : PC dengan graphics card untuk modeling dan rendering.
o Software : Maya digunakan untuk modeling dan rendering, tapi Maya dibangun dari OpenGL
• Aplikasi
Area aplikasi computer Grafik:
1. Penampilan Informasi
2. Desain
3. Simulasi & Animasi
4. User Interface
5. Mechanical CAD (Computer Aided Design)
6. Architectural Visualization
7. Advertising.
1. Penampilan Informasi
2. Desain
3. Simulasi & Animasi
4. User Interface
5. Mechanical CAD (Computer Aided Design)
6. Architectural Visualization
7. Advertising.
Dalam computer grafik, yang dikenali oleh computer hanya terdapat 2 mode, yaitu
1) Mode Grafik
2) Mode Teks
Dalam hal ini yang paling banyak di bahas adalah mode grafik, mode grafik di bagi lagi menjadi 2 mode :
a) Mode vector : berisi formula matematis,
b) Mode Raster (Bitmap) : yang dibentuk oleh pixels.
Bidang-bidang yang memanfaatkan Komputer Grafik :
1. Movie Industry
2. Medical.
3. Game Dev.
4. Science
5. Enginering Dev.
1) Mode Grafik
2) Mode Teks
Dalam hal ini yang paling banyak di bahas adalah mode grafik, mode grafik di bagi lagi menjadi 2 mode :
a) Mode vector : berisi formula matematis,
b) Mode Raster (Bitmap) : yang dibentuk oleh pixels.
Bidang-bidang yang memanfaatkan Komputer Grafik :
1. Movie Industry
2. Medical.
3. Game Dev.
4. Science
5. Enginering Dev.
Jenis Gambar
1) Raster
Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau medium lain
2) . Vektor
penggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.
Contoh Vektor :
Inilah sebuah kelebihan dari jenis vector, karena meskipun resolinya di ubah- ubah,maka tidak akan terjadi distorsi, karena jika kita mencoba meperbesar resolusinya, maka jumlah titiknya akan semakin banyak.
1) Raster
Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau medium lain
2) . Vektor
penggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.
Contoh Vektor :
Inilah sebuah kelebihan dari jenis vector, karena meskipun resolinya di ubah- ubah,maka tidak akan terjadi distorsi, karena jika kita mencoba meperbesar resolusinya, maka jumlah titiknya akan semakin banyak.
SEJARAH KOMPUTER GRAFIK SEJAK ADANYA KOMPUTER:
1. Computer Grafis 1950-1960
• Penggunaan Computer graphics pada awal kemunculan komputer
• Penggunaan Computer graphics pada awal kemunculan komputer
- Strip charts
- Pen plotters
- Tampilan sederhana menggunakan konverter A/D pada calligraphic CRT
• Kesulitan pada proses refresh CRT
- Komputer lambat, mahal, tidak dapat diandalkan
2. Computer Grafis 1960-1970
• Wireframe graphics
• Wireframe graphics
- Hanya menggambar garis
• Sketchpad : Thesis Ivan Sutherland’s PhD di MIT
- Melihat potensi dari interaksi manusia – mesin
- Loop :Tampilkan sesuatu, User menggerakkan light pen, Komputer membuat display/tampilan baru
- Sutherland juga membuat banyak algoritma komgraf yang umum digunakan sekarang
• Display Processors
- Menggunakan display processor (DPU) untuk me-refresh tampilan daripada menggunakan host computer
- Graphics disimpan di display list (display file) pada display processor
- Host compiles display list dan mengirim ke DPU
• Storage tube
• Tabung penyimpanan Direct View
• Tabung penyimpanan Direct View
- Dibuat oleh Tektronix
o Tidak memerlukan constant refresh
o Standard interface pada computers
Dapat digunakan oleh standard software
Plot3D pada Fortran
o Relatif murah
Membuka peluang penggunaan computer graphics untuk komunitas CAD
3. Computer Grafis 1970-1980
• Raster Graphics :
Dapat digunakan oleh standard software
Plot3D pada Fortran
o Relatif murah
Membuka peluang penggunaan computer graphics untuk komunitas CAD
3. Computer Grafis 1970-1980
• Raster Graphics :
- Image direpresentasikan dalam bentuk array (the raster) dari picture elements (pixels) pada frame buffer.
- Memungkinkan perpindahan dari gambar garis dan wireframe ke polygon terisi
• Awal standar graphics
- IFIPS
a. GKS: dari Eropa Menjadi standar ISO 2D
b. Core: dari Amerika Utara 3D, tapi gagal menjadi ISO standard
• Workstation dan PC
b. Core: dari Amerika Utara 3D, tapi gagal menjadi ISO standard
• Workstation dan PC
4. Computer Grafis 1980-1990
• Realisme muncul pada computer graphics
• Special purpose hardware
• Realisme muncul pada computer graphics
• Special purpose hardware
- Mesin geometri Silicon Graphics
a. Implementasi VLSI dari graphics pipeline
• Standar Industry
• Standar Industry
- PHIGS
- RenderMan
• Networked graphics: X Window System
• Human-Computer Interface (HCI)
• Human-Computer Interface (HCI)
5. Computer Grafis 1990-2000
• OpenGL API
• Suksesnya movie yang dibuat seluruhnya oleh komputer (Toy Story)
• Kemampuan hardware baru
a. Texture mapping
b. Blending
c. Accumulation, stencil buffers
• OpenGL API
• Suksesnya movie yang dibuat seluruhnya oleh komputer (Toy Story)
• Kemampuan hardware baru
a. Texture mapping
b. Blending
c. Accumulation, stencil buffers
6. Computer Grafis 2000 – sekarang
• Photorealism
• Graphics cards untuk PC mendominasi pasar
a. Nvidia, ATI, 3DLabs
• Game box dan game player menentukan arah pasar
• Movie Computer graphics menjadi rutin: Maya, Lightwave
• Programmable pipelines
• Photorealism
• Graphics cards untuk PC mendominasi pasar
a. Nvidia, ATI, 3DLabs
• Game box dan game player menentukan arah pasar
• Movie Computer graphics menjadi rutin: Maya, Lightwave
• Programmable pipelines
• Application Programming Interface (API)
0 Response to "Pengenalan Komputer Grafik"
Post a Comment